Friday, October 12, 2012

Siapa Bilang Kimia itu Mennyebalkan?

cerita
Saat ujian tengah semester, seorang dosan kimia di Universitas Washington menanyakan Suatu soal yang menarik. pertanyaaanya adalah "Neraka itu bersifat EKSOTERM atau ENDOTERM" ya?
kebanyakan mahasiswa menjawab dg menggunakan Hukum BOYLE yang menyatakan "suhu naik ketika gas dimampatkan dan suhu turun ketika diperlakukan sebaliknya." Jadi kesimpulannya neraka itu bersifat ENDOTER. namun ada seorang mahasiswa yang menjawab berbedaa.
"pertama-tama kita harus tahu bahwa volume neraka itu berubah seiring waktu. Jadi, kita perlu tahu berapa kecepatan (V) orang2 yang mati dan kecepatan mereka keluar(v'). Saya sendiri bisa mengansumsikan bahwa sekali jiwa masuk neraka maka dia tak bisa keluar lagi. Jadi, dipastikan jika tak ada jiwa yang bisa keluar dari neraka".
Kita tahu bahwa banyak banyak agama didunia ini. Masing2 mengklaim bahwa tak ada orang yang masuk sorga jika tak mengikuti agama tersebut. Berdasarkan asumsi ini bisa diambil kesimpulan, tak ada manusia yang akan masuk surga apapun agamanya, apalagi kalau orang yang tidak menganut agama. Dengan demikian bisa dipastikan juga bahwa jiwa yang masuk neraka akan meningkat secara exponensial sampai semua manusia mati.
Berdasarkan Asumsi itu kita bisa meninjaunya dgn HUKUM BOYLE yang menyatakan " Volume akan makin besar untuk mempertahankan suhu dan tekanan didalamnya. Ada dua kkemungkinnan yang bisa dipastikan.
Pertama, jika keceptan (V) neraka membesar lebih lambat daripada kecepatan jiwa yang masuk, suhu dan tekanan dim nereka akan terus meningkat, maka neraka itu berrrrrrrrrrsifat EKSOTERM
CIri2 reaksi EKSOTERM yaitu:
  • SIStem melepas kalor ke lingkungan
  • Sistem menjadi dingin
  • lingkungan jadi panas
  • delta H (perubahann entalpi) bernnilai negatif
  • reaksi Eksoterm mempunyai ciri terjadi Kenaikan suhu
kedua, bila kecepatan neraka membesar lebih cepat daripada keepatan jiwa yang mati kedalam neraka, suhu dan tekanan neraaka akan turun dan sampai membeku . itu berarti neraka bersifat Endoterm.  reaksi Endoterm mempunyai ciri terjadi Penurunan suha.
jadi yang mana? " kita bisa melihat apa yang terjadi saaat ini mungkin mewabah bencana alam trjadi dimana2 maka terjadi peningkatan jiwa2 yang masukk keneraka harusnya sangat cepat karena volume awalnya saja sudah sangat besar. ingat asumsi neraka dirancang untuk menampung semua manusia. Maka saya yakin kalau neraka itu bersifat EKSOTERM"

Sang dosen pun memberi nilai A untuk mahasiwa itu.

note; Cerita ini hanya fiktif belaka hanyalah karangan yang hanya sedikit memberikan penjelasan secara ilmiah yang ngada ngada dan ngacho tentang neraka. untuk pembuktiannya silakan kunjungi sendiri
:D :)
 

No comments:

Post a Comment